MAJA RANGKASBITUNG SIAP MENJADI IBU KOTA RI


Maja, Rangkasbitung, Lebak, Banten LAYAK JADI IBU KOTA REPUBLIK INDONESIA

RANGKASBITUNG,
Sejumlah elemen masyarakat mendukung rencana usulan pemerintah Kabupaten Lebak untuk menjadikan Kecamatan Maja sebagai salah satu alternative pilihan Ibu Kota Negara Indonesia karenamemiliki keunggulan sebagai daerah penyangga DKI Jakarta.
“Jika pemerintah berencana memindahkan Ibu Kota RI, kami kira Kecamatan Maja sangat pantas diusulkan, mengingat jarak tempuh ke Jakarta relatif dekat, serta beberapa keunggulan lainnya” kata Bahtiar, seorang aktivis mahasiswa warga Kabupaten Lebak, “ kemarin
Menurutnya, daya dukung yang telah dimiliki Maja saat ini antara lain sarana angkutan kereta api jurusan Maja-Jakarta yang sat ini sudah dua jalur atau “double track”. Selain itu juga pemerintah bisa membangun jalan tol Balaraja maupun tol BSD Serpong yang menghubungkan Maja, Kabupaten Lebak.
“Saya kira sarana angkutan dan komunikasi dengan kementerian dan instansi lainnya lebih dekat serta mudah,” katanya.
Sementara Khairudin, salah seorang anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lebak Mandiri mengatakan pihaknya sangat mendukung jika pemerintah memindahkan Ibu Kota RI ke Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak.
Kecamatan Maja, katanya, sangat tepat dijadikan tempat pusat pemerintahan karena bebas dari ancaman bencana alam, seperti banjir, longsor, gempa tektonik maupun tsunami. Selain itu, juga pasokan air bersih melimpah dari Waduk Karian yang lokasinya di Kecamatan Sajira.
“Kami berharap pemerintah pusat lebih baik memilih Kecamatan Maja sebagai ibu kota RI dibanding Kalimantan maupun Sumatera,” katanya.
Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Asep Aeda Rusman mengatakan saat ini Kecamatan Maja masuk Kota Kekerabatan karena perbatasan dengan Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Bogor.
“Kami sangat mendukung jika Maja dijadikan Ibukota Negara, terlebih di Maja terdapat tanah milik Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) seluas 5.250 hektare. Saya kira lahan seluas itu tentu sangat mudah dipakai oleh kepentingan negara karena milik pemerintah,” jelasnya.
Ditambahkan, sejauh ini wacana pemindahan ibu kota RI ramai dibicarakan ketika saat Jakarta dilanda banjir.Namun, wacana itu hingga kini belum ada realisasinya dari pemerintah.

Iklan

About Al Hudri, S.Pd.I

I'm a Teacher

Posted on 15 Februari 2013, in Ilmu Pengetahuan Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Silakan Berkomentar dengan Facebook/Twitter/Wordpress/Google+

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: