SEJARAH SINGKAT STAI LA TANSA MASHIRO RANGKASBITUNG


Gambar

SEJARAH SINGKAT SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) LA TANSA MASHIRO RANGKASBITUNG

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) La Tansa Mashiro merupakan bagian dari lembaga pendidikan formal yang didirikan serta diselenggarakan oleh Yayasan La Tansa Mashiro Rangkasbitung, sebuah Yayasan Pendidikan yang dirintis oleh salah seorang pendidik parexcellent Banten, mendiang KH. Drs. Ahmad Rifa’i Arif Allah Yarman (alm).

Selain itu, Yayasan La Tansa Mashiro yang dibentuk pada tanggal 9 Januari 1991 dengan legalitas Akte Notaris Jusnita Gunawan, SH. Nomor : 1/1991/PN/Rkb juga telah lebih dahulu mendirikan serta menyelenggarakan SMP dan SMA. Pendidikan STAI La Tansa Mashiro sendiri dikukuhkan melalui surat keputusan Ketua Yayasan La Tansa Mashiro, Nomor : 027/Ylm/Kep/III/1995.

Sebagai teruangkap dalam dokumen sejarah pendidikan serta Rencana Induk Pengembangan (RIP)nya. STAI La Tansa Mashiro dipersiskan “cikal bakal” bagi UNIVERSITAS ISLAM LA TANSA MASHIRO (UNILAM) Rangkasbitung. Dari universitas dimana diharapkan lahir para sarjana yang bukan hanya unggul disisi ilmu pengetahuan saja, tapi juga handal disisi keimanan dan moralitas.

Atas dasar visi yang dilandasi oleh prinsip keseimbangan dimensi ukhrowi dan dimensi duniawi itu maka keberadaan Sekolah Tinggi ini dirancang sedemikian rupa, khususnya secara psikologis agar memiliki semacam ikatan nilai, semangat serta moralitas dengan tradisi adihulung kependidikan islam. Dan untuk mendekatkan visi itu kepada kenyataan faktual dikemudian hari, maka salah satu strateginya terletak pada pilihan penempatan kampus STAI La Tansa mashiro dilingkungan integral komplek Pondok Pesantren La Tansa mashiro yang didalamnya terlebih dahulu diselenggarakan pendidikan formal ditingkat menengah pertama dan atas (SMA dan SMP).

Demikian maka periode permulaan antara tahun 1993 sampai dengan 1997. STAI La Tansa Mashiro dilakukan dilingkungan  komplek Pondok Pesantren La Tansa di Parakan santri, Ujung Timur Kabupaten Lebak –Banten.

Pada tahun 1998 STAI La Tansa Mashiro diboyong ke kampus Pasir Jati di kawasan jalan By Pass (Soekarno Hatta) Pasir jati, Rangkasbitung, Lebak, Banten. Dikampus ini juga Universitas “Masa depan” La Tansa Mashiro dipusatkan. Di Pasir jati inilah akhirnya “Para Generasi Pembuka” dilahirkan, dengan kepercayaan yang lebih besar lagi diberikan oleh masyarakat, STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung insya Allah akan terus menerus berusaha meningkatkan serta mengembangkan kualitas sebagai aspek keberadaanya. Karena hanya dengan cara inilah visi almarhum penggagas dan pendiri perguruan tingi ini dapat diwujudkan.

ARTI NAMA

Nama La Tansa diadaptasi dari Al-quran Surat Al-Qoshosh ayat 77 yang secara harfiah mengandung makna Jangan Lupa Tempat kembali. Secara terminologis, maksudnya tiada lain bahwa setiap manusia jangan pernah melupakan sebuah keniscayaan sejarah kemanusiaan itu sendiri. Bahwa setiap individu pastilah akan kembali kepada Sang Prima Causa yang menciptakan asal mula, perjalanan dan akhir dari seluruh rangkaian semesta kehidupan ini yakni Allah SWT.

Berpijak pada landasan filosofis tersebut maka kiprah seta dinamika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) La Tansa Mashiro baik sebagai Center of Excellent aspek integritas moral dan intelektual maupun sebagai trandsetter pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya, sebagai refleksi kesadaran prihal keniscayaan berpulang keharibaan mutlak Allah SWT. Demikian sejarah singkat STAI La Tansa Mashiro ini saya tulis, semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber Referensi :

-Buku panduan bagi mahasiswa bagi dan civitas akademika STAI La Tansa Mashiro

-Dr.  KH. Soleh Rosyad, Drs., S.Ag., MM

 

Baca juga :

Sejarah Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro Rangkasbitung klik disini

Sejarah STIE La Tansa Mashiro Rangkasbitung klik disini

Iklan

About Al Hudri, S.Pd.I

I'm a Teacher

Posted on 17 April 2013, in Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro Rangkasbitung. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. kapan pendaftaran di buka??

    Suka

Silakan Berkomentar dengan Facebook/Twitter/Wordpress/Google+

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: