SEJARAH SD ISLAM INSAN KARIMA


Gambar

 

Kabupaten Lebak, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Banten, Indonesia. Ibukotanya adalah Rangkasbitung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang di utara, Provinsi Jawa Barat di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Pandeglang di barat. Kabupaten Lebak terdiri atas 28 kecamatan, yang dibagi lagi atas 340 desa dan 5 kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Rangkasbitung, yang berada di bagian utara wilayah kabupaten. Kabupaten Lebak mayoritas warganya beragama islam. Sementara itu kabupaten Lebak merupakan salah satu daerah yang terkategori tertinggal, SDM yang masih rendah dan tingkat kesehatan yang masih buruk. Atas dasar itu kami menyambut program pemerintah untuk mendorong pengembangan pendidikan agama melalui pendidikan Sekolah Dasar Berbasic Islam dengan tujuan Mencetak insan yang bermanfaat, berakhlak mulia, dan berwawasan global yang mengakar kepada Al-Quran dan Sunnah Rasul.

Menurut para ahli pendidikan, dari hasil risetnya menyimpulkan bahwa pendidikan usia dini dan pendidikan dasar sangat penting dan strategis keberadaanya dilihat dari kepentingan pengembangan SDM muslim yang handal dan professional dimasa mendatang. Karena pendidikan usia dini atau pendidikan dasar adalah pondasi bagi karakter, kepribadian dan moral seorang anak yang amat dibutuhkan disamping kemampuan skill dan intelektualnya dalam kehidupan di masa dewasa kelak. Maka menjadi sangat penting bagi setiap komponen masyarakat terutama Dinas Pendidikan untuk memperhatikan upaya-upaya pendidikan dasar pada anak-anak seperti Sekolah Dasar yang berbasic islam. Maka dari itu ketua yayasan berinisiatif mendirikan Sekolah Dasar Islam Insan Karima yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta (By Pass) Salahaur Rangkasbitung Lebak Banten.

Sekolah Dasar Islam Insan Karima merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berbasic islam swasta tingkat dasar yang berada di wilayah kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Banten. latar belakang berdirinya SDI Insan Karima Rangkasbitung dilandasi adanya keprihatinan di dunia pendidikan yang semakin jauh dari Syari’at Islam terutama untuk kalangan menengah ke bawah. SD Islam Insan Karima dibentuk oleh pengurus Yayasan Kun Karima yang berpusat di Rangkasbitung. Yayasan Kun Karima adalah yayasan pendidikan islam yang ada di Rangkasbitung yang di ketua oleh Dr. H. Soleh Rosyad, Drs., S.Ag, MM., (Enceh Soleh). sebelum berdirinya SD Islam Insan Karima, didalam Yayasan Kun Karima sudah berdiri TK Insan Karima Rangkasbitung pada tahun 2008 dan TK Insan Karima Pandeglang yang beralamat di Jalan Gunung Karang, Kp. Cengkel, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang dari tahun 2007 sampai dengan sekarang.

SD Islam Insan Karima launching pada tanggal 21 maret 2013 di aula Yayasan Kun Karima (Kun Karima Foundation), yang dihadiri oleh kepala UPT Pendidikan Kecamatan Rangkasbitung. Pada awal tahun ajaran 2013/2014 maka dimulailah SD Islam Insan Karima. Pada saat itu, siswa yang sudah terdaftar berjumlah 28 siswa untuk kelas 1 dengan pembagian dua kelas A dan kelas B. dengan tenaga pengajar berjumlah 10 orang, yang rata-rata mempunyai latar belakang pendidikan. Untuk jabatan kepala Sekolah pertama dipegang oleh Ustad Taufik Hidayat, S.Pd.I yang juga merangkap sebagai Kepala Sekretariat di Yayasan Kun Karima, dengan wakil kepala sekolah bagian Kurikulum dijabat oleh Ustadzah Tuti Alawiyah, S.Pd.I yang juga sebagai wali kelas 1 A dan wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dijabat oleh ustadzah Sri Sulastri, S.Pd (Crie Cincau AL-Laura) yang juga sebagai wali kelas 1 B. Selain itu, jabatan pada bagian staf pengadministrasian di pegang oleh Ustad Abdul Hamid, S.Pd.I dan staf pengelolaan website http://www.insan karima.sch.id serta berita harian facebook Kun Karima Foundation di pegang oleh Ustad Al Hudri Albantani, S.Pd.I. Selain itu untuk membantu kegiatan belajar mengajar di kelas lebih efektif dan efisien maka wali kelas dibantu oleh assistant guru yaitu oleh ustadzah zakiatunnisa dan yuyun nurrohmawati. Adapun daftar pendidik dan tenaga kependidikan SD Islam Insan Karima yang terdaftar sebagai perintis dan mengabdikan dirinya semenjak berdirinya SDI Insan Karima berjumlah 10 orang, yaitu sebagai berikut:
1 Taufik Hidayat, S.Pd.I
2 Sri Sulastri, S.Pd
3 Tuti Alawiyah, S.Pd.I
4 Abdul Hamid
5 Al Hudri, S. Pd.I
6 Fadel Achmad
7 Zakiah Tunisa
8 Yuyun Nurrohmawati
9 M. Agus Mauludi
10 M. Yunus, S.Pd

Adapun daftar siswa angkatan pertama SD Islam Insan Karima berjumlah 28 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu sebagai berikut :
KELAS 1 A
Wali Kelas : Ustdzh. Tuti Alawiyah, S.Pd.I
Asisten : Ustdzh. Yuyun Nur Rohmawati
1. Abdurachman Al Ghifari
2. Aluna Keytivara Khanza
3. Aulia Agisna
4. Bagas Robby Salam
5. Egi Aditya Saputra
6. Ghaisan Muhammad Abidavero Supriadi
7. Guntur Baladika Putra Erlangga
8. Ibnu Arasyana
9. Moch. Haikal F.
10. Muhammad Ex’san Al Farizi
11. Muhamad Fauzan Prasetia
12. Nafaj Ifthar Kamal
13. RD. Muhammad Akbar Wijaksana
14. Zafira Chikal Zulaeyka

KELAS 1 B
Wali Kelas : Ustdzh. Sri Sulastri, S.Pd
Asisten : Ustdzh. Zakiatun Nisa’
1. Ahmad Ghifari Malik Putra
2. Almira Zayna Imani
3. Asya Alfia Rizky Ramadhani
4. Azzahra Jihan Alieffah
5. Ceisya Aluna Putri
6. Fakhri D. Fadillah
7. Fawwaz Putra Kameswara
8. Izaz Malik Zia Rubiansyah
9. M. Rakha Pratama Ardanta
10. Prasetyo Ilham Nur Cahya
11. Raffi Khairan Hidayat
12. Sukhriyani
13. Zalwa Azizah Sutiadi
14. Zulfaizah

Kurikulum yang dipakai di SD Islam Insan Karima merupakan perpaduan antara kurikulum kemendiknas dan kurikulum khas SD Islam Insan Karima yang diadopsi dari kurikulum Kemenag dan Pondok Pesantren Modern.
Adapun kurikulum khas SD Islam Insan Karima :
1. Tahfidz Qur’an (Hafalan Quran)
2. Syirah Nabawiyah
3. Praktikum Ibadah
4. Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
5. Jarimatika
6. Multimedia (TIK)

SD Islam Insan Karima memiliki Visi dan Misi yang menjadi konsep perencanaan yang di sertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan.Visi dan Misi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
– Visi : Mencetak insan yang bermanfaat, berakhlak mulia, dan berwawasan global yang mengakar kepada Al-Quran dan Sunnah Rasul
– Misi : Menjadi wahana belajar yang didukung oleh sarana prasarana belajar yang bernuansa islami, nyaman, asri, dan bertekhnologi. Mendidik siswa dengan suasana kondusif, kreatif, dinamis, dan cinta islam. Membangun hubungan harmonis dan seimbang antara sekolah, masyarakat sekitar dan pemerintahan.
Semoga SD Islam Insan Karima bisa mencetak siswa siswi yang bermanfaat, berakhlak mulia, dan berwawasan global yang mengakar pada Al Quran dan As-Sunnah, amiin ya Robbal alamin. (al)

Created by Al Hudri Albantani

Iklan

About Al Hudri, S.Pd.I

I'm a Teacher

Posted on 24 Maret 2014, in Pendidikan Islam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Silakan Berkomentar dengan Facebook/Twitter/Wordpress/Google+

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: