APA YANG SPESIAL DARI BATU AKIK YANG DIPEREBUTKAN WARGA CILANDAK JAKARTA SELATAN


Gambar

Jakarta – Sudah hampir seminggu puluhan orang mencari batu akik di sebuah tanah kosong yang berada di Jl Bango, Cilandak, Jakarta Selatan. Sebagian dari orang-orang itu berhasil mendapatkan batu yang diyakini laku dijual dengan harga tinggi.

Jika dilihat sekilas, batu-batu yang diperebutkan orang itu sama saja dengan batu kali biasa. Namun, ketika bongkahan batu dibelah, perbedaan mulai nampak.

Bagian dalam batu itu memancarkan warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna merah darah, putih dan cokelat. Bahkan ada salah satu batu yang terlihat bentuk pola garis di bagian dalamnya.

Menurut para ‘penambang’ dadakan yang berada di tanah kosong itu, batu yang mereka temukan adalah bahan mentah untuk membuat akik. Masih dibutuhkan proses panjang hingga akhirnya batu-batu itu bisa berwujud akik dan dipakai sebagai perhiasan.

“Ini masih harus nunggu lama, masih banyak prosesnya biar jadi akik. Ini kan baru bakal,” ujar Edison, salah seorang warga yang ikut mencari batu saat ditemui di Jl Bango, Rabu (30/4/2014).

Meski belum berwujud akik, batu-batu yang ditemukan warga sudah laku dijual. Harga berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah tiap bongkahnya. Harga tentu bergantung pada kualitas batu akik yang akan dihasilkan nantinya.

“Kemarin ada yang jual, satu kantong dihargai Rp 1 juta,” kata Edison. Edison mengaku punya target khusus dalam pencariannya kali ini. Di tanah kosong itu dia menargetkan bisa menemukan batu akik yang bisa tembus cahaya. Namun, untuk menemukan batu tembus cahaya itu memang tak akan mudah.

“Ada yang bisa tembus cahaya, itu yang saya cari. Akiknya ada di bagian dalam batu,” jelasnya.

Akibat kabar batu akik itu, banyak orang yang berdatangan. Mereka memarkir motornya di pinggir jalan sehingga memicu kemacetan. Sedang lahan kosong yang didatangi warga tersebut merupakan lahan yang telah dibeli pemerintah untuk proyek pembuatan jalan tol Cinere-Jagorawi-Depok Seksi II.

 

Iklan

About Al Hudri, S.Pd.I

I'm a Teacher

Posted on 30 April 2014, in Berita Populer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Silakan Berkomentar dengan Facebook/Twitter/Wordpress/Google+

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: