Profil Yayasan Kun Karima (Insan Karima)


YAYASAN KUN KARIMA ( Kober, TK dan SD Islam Insan Karima)

Logo KUN KARIMA

Logo KUN KARIMA

 

Jalan Soekarno Hatta (by pass) Salahaur, Rangkasbitung, Lebak, Banten 42317 Telp. (0252) 281638

BAB I

INFORMASI UMUM

 

Yayasan Kun Karima atau biasa disebut dengan Kun Karima Foundation merupakan lembaga pendidikan islam yang menaungi beberapa jenjang pendidikan yaitu Kelompok Bermain (Kober), Taman Kanak-kanak (TK) Islam dan Sekolah Dasar (SD) Islam yang semuanya bernama Insan Karima. Berdirinya Kober, TK dan SD Islam Insan Karima Rangkasbitung adalah pengembangan dari TK Islam Insan Karima yang ada di Kabupaten Pandeglang yang lebih dulu berdiri yakni pada tahun 2007 yang merupakan realisasi cita-cita dari Yayasan Kun Karima untuk ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lebak merupakan salah satu kota kabupaten yang masyarakatnya terhitung tertinggal baik secara ekonomi, pendidikan maupun kesehatan dibanding dengan kabupaten lain di wilayah provinsi Banten. Penduduk Lebak mayoritas beragama Islam. Sementara karena ketertinggalannya, Lebak sering diidentikkan dengan IDT, kemiskinan, SDM yang tidak berdaya, tingkat kesehatan yang buruk, dll. Atas dasar itu kami menyambut program PEMDA Lebak untuk mendorong pengembangan pendidikan agama melalui antara lain PERDA Diniyah yang sangat kondusif untuk pengembangan pendidikan agama Islam bagi masyarakat Lebak di berbagai usia, terutama usia dini. Dan juga wacara Lebak sebagai Kota Pelajar.

Yayasan Kun Karima sebagai elemen fungsional masyarakat Lebak yang konsen pada bidang pendidikan, merasa perlu merespon situasi tersebut dalam rangka mendidik dan mencerdaskan masyarakat Lebak hususnya, sebagai salah satu bentuk tanggungjawab syi’ar dan da’wah Islam serta pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu kami berencana mengembangkan pendidikan anak usia dini (PAUD) seperti Taman Kanak-Kanak dan Play Group disamping SMP dan SMA (sistem pesantren) dan Perguruan Tinggi yang sedang kami kelola. Untuk pengembangan pendidikan usia dini tersebut sudah dibuat manajemen secara mandiri dengan badan hukum tersendiri, yang disebut, “YAYASAN KUN KARIMA“ dan nama “INSAN KARIMA“.

Menurut para ahli pendidikan, dari hasil risetnya menyimpulkan bahwa pendidikan usia dini sangat penting dan strategis keberadaanya dilihat dari kepentingan pengembangan SDM muslim yang handal dan profesional di masa mendatang. Karena pendidikan usia dini adalah pondasi bagi karakter, keperibadian dan moral seorang anak yang amat dibutuhkan di samping kemampuan skill dan intelektualnya dalam kehidupan di masa dewasa kelak. Maka menjadi sangat penting bagi setiap komponen masyarakat terutama Dinas Pendidikan untuk memperhatikan upaya-upaya pendidikan anak usia dini separti Sekolah Dasar Islam, Taman Kanak-Kanak atau Play Group.

Yayasan Kun Karima berdiri pada tanggal 14 Desember 2007 berdasarkan Akta Notaris H. Sunarya, SH, Nomor : 65 dengan susunan kepengurusan sebagai berikut:

Badan Pembina           : Hj. Nenah Hasanah

Badan Pengawas         : KH. Adrian Mafatihullah Kariem, MA

Ketua Yayasan            : Dr. H. Soleh, Drs., MM

Bendahara                   : Hj. Ernawati Sulhatul Imamah, M.Pd.I

Sekretaris                    : Huriyah Agustini, SE, MM

BMT / LKMS                         : Euis Azizah, SE.

Penelitian                    : Noviyati, A.Ma.Pd

Islamic Outbond         : Taufik Hidayat, S.Pd.I

Pesantren Kilat            : Mahmudin, S.HI, M. Si

Anggota                      : a. Ahmad Faisal Hadziq, S.Sos

  1. Zakiyyatunnufus, SE., MM
  2. Huriyah Agustini, SE., MM
  3. Hj. Kaherunnisa, A.Md. Keb\
  4. Ahmad Fairuz Nahiduddin

 

Para pengurus yayasan Kun Karima ini merasa berkewajiban untuk lebih banyak berbuat membantu pemerintah dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945. Oleh karena itu, dalam ikut serta mengusahakan pembangunan khususnya di bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), setelah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, maka yayasan kun karima merealisir suatu gagasan dengan bentuk pendidikan Kober, TK dan SD Islam.

Pada tahap awal yayasan Kun Karima mendirikan jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak yang beralamat di Jalan Gunung Karang Kp. Cengkel, Cilaja, Majasari, Pandeglang, Banten yang kemudian melakukan pengembangan di Rangkasbitung, Lebak, Banten dengan mendirikan Taman Kanak-kanak Insan Karima, Kober Insan Karima dan Sekolah Dasar Insan Karima.

Diharapkan Yayasan Kun Karima ini dapat berpartisipasi dan berperan serta secara aktif dalam rangka menghubungkan keadaan sekarang dan masa depan, serta sekaligus dapat merupakan penghubung antara dunia ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan kebutuhan nyata masyarakat yang sekarang sedang berkembang.

Seiring dengan realisasi cita-cita para pendiri Yayasan Kun Karima maka untuk memantapkan penyelenggaraan program pendidikan dan proses belajar mengajar dalam lingkungan Yayasan Kun Karima, pimpinan Yayasan Kun Karima sejak awal telah mengusahakan dan menyediakan sarana prasarana, dana dan ketenagaan serta fasilitas lainnya sesuai dengan keperluan dan kemampuan yayasan tersebut.

Dalam mengemban visi, misi, tujuan, fungsi, dan tugas Yayasan Kun Karima dipimpin oleh :

Ketua Yayasan          : Dr. H. Soleh, Drs., MM

Kepala Sekretariat       : Taufik Hidayat, S.Pd.I

Staff Administrasi      : Abdul Hamid

Staff Informasi           : Al Hudri, S.Pd.I

Staff Keuangan           : Irfan Tuhaebi, SE

Kepala Kober              : Risna Yuniar, S.Pd

Kepala TK                   : Retno Dwi Yanti

Kepala SD                   : Taufik Hidayat, S.Pd.I

Untuk dapat memantapkan kemampuan dan ketegaran sebagai lembaga pendidikan tinggi yang harus berperan serta secara nyata dalam pembangunan di bidang pendidikan, dan mengingat laju pembangunan di segala bidang, dapat diperkirakan bahwa tantangan yang dihadapi oleh Yayasan Kun Karima bertambah berat.

Sesuai dengan era pembangunan dan mencerdaskan kehidupan bangsa pada saat ini dan mendatang, siswa-siswa yang cerdas dan terampil, khususnya di bidang Agama Islam, akan semakin banyak dibutuhkan untuk generasi selanjutnya. Untuk menghasilkan siswa yang terampil tersebut Yayasan Kun Karima harus dapat menyediakan fasilitas fisik pendidikan, dana, daya atau tenaga yang memadai, kurikulum yang relevan dengan program-program pendidikan yang diselenggarakan serta melaksanakan disiplin kerja yang efektif efisien. Selain itu yayasan kun karima harus tetap mengemban misinya yaitu :

  1. menjadi wahana belajar yang didukung oleh sarana prasarana belajar yang bernuansa islami, nyaman, asri dan bertekhnologi.
  2. Mendidik siswa dengan kondusif, efektif, kreatif, dan cinta islam.
  3. Membangun harmonis dan seimbang dengan lingkungan sekitar.

Di samping tantangan-tantangan yang dihadapi seperti dalam uraian tersebut, Yayasan Kun Karima dihadapkan pula pada beberapa permasalahan dalam merealisasikan tujuan yang hendak dicapai di bidang pendidikan, sehingga apa yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Banten Melalui Dinas Pendidikan yaitu Program Fasilitasi Bantuan Laboratorium Alat Multimedia (Interactive White board) Bagi Pendidikan Dasar di Banten Tahun Anggaran 2013, menjadi motivasi tersendiri bagi kami khususnya SD Islam Insan Karima untuk menjadi Sekolah yang berkualitas.

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

RENCANA STRATEGIS

YAYASAN KUN KARIMA

 

  1. Visi dan Misi Yayasan

Yayasan Kun Karima yang menaungi jenjang Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar Islam memiliki visi dan misi sebagai berikut :

VISI :

Mencetak insan yang bermanfaat, berakhlak mulia, dan berwawasan global yang mengakar pada al-qur’an dan sunnah rasul.

MISI :

Menjadi wahana belajar yang didukung oleh sarana prasarana belajar yang bernuansa islami, nyaman, asri dan bertekhnologi. Mendidik siswa dengan kondusif, efektif, kreatif, dan cinta islam. Membangun harmonis dan seimbang dengan lingkungan sekitar.

 

  1. Tujuan Pendidikan

Tujuan dari Pendidikan Islam di Yayasan Kun Karima adalah sebagai berikut :

  1. Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak

Target yang ingin dicapai antara lain :

  1. Mengembangkan jenjang pendidikan dan upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat muslim Lebak.
  2. Mencetak dan mempersiapkan generasi muslim sejak usia dini yang profesional dan berkwalitas dan mampu berkiprah kelak di tengah masyarakat yang majemuk dengan baik, produktif dan dinamis.
  3. Mengimbangi dan merespon program pemerintah tentang PERDA DINIYAH dan wacana Lebak Kota Pelajar.
  4. Menggabung tiga unsur pendidikan; rumah; sekolah; dan lingkungan alam; dengan strategi kolaborasi home schooling, nature schooling (out bound), dan formal school yang dilengkapi dengan bebagai laboratorium dan game.
  5. Memperjelas target-target kompetensi sesuai ranah pendidikan, baik kognitif, afektif maupun phsycomotorik, dengan mengacu pada konsep Multiple Intelligent.
  6. Menjadikan ajaran Islam sebagai ruh pendidikan dalam berbagai aktifitas, sehingga peserta didik berbudaya dan berkepribadian yang islami dalam kehidupannya di tengah masyarakat, dalam rangka menciptakan suasana kehidupan yang damai dan harmonis.
  7. Meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, dan kepribadian, a
  8. Penanaman akhlak mulia pada siswa
  9. Kecintaan pada Rasul Allah
  10. Keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
  1. Sekolah Dasar Islam (SDI)

Target yang ingin dicapai, antara lain :

  1. Terbentuknya insan kreatif, mandiri, dan berkarakter dengan keluhuran akhlak
  2. Mampu menghafal alquran minimal 1 sampai 3 juz
  3. Memiliki keberanian dalam percakapan bahasa Arab dan bahasa Inggris
  4. Mampu membiasakan diri melaksanakan shalat 5 waktu dan shalat sunnah dengan cara yang baik dan benar
  5. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar

 

Untuk mencapai visi, misi tujuan dan sasaran tersebut, maka Yayasan Kun Karima menetapkan rencana strategis sebagai berikut :

  • Kemampuan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi siswa secara terus menerus sehingga memiliki daya saing yang tinggi,minimal dipasar dalam negeri.
  • Pengembangan kualifikasi guru mencakup peningkatan jenjang pendidikan (S2 dan S3) dan jabatan akademiknya.
  • Pengembangan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran seperti gedung kelas dan laboratorium.
  • Pengembangan organisasi dan manajemen Yayasan Kun Karima menuju organisasi Yayasan yang modern.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen Yayasan, terutama kebutuhan central data yang memudahkan akses dalam mendapatkan data yang dibutuhkan.
  • Implementasi perkembangan teknologi informasi dalam sistem pelayanan akademik kepada seluruh siswa Insan Karima
  • Kemampuan untuk membangun jaringan dengan berbagai intitusi baik maupun kepentingan-kepentingan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat maupun untuk kepentingan penggalian dana.

 

 

 

 

 

 

BAB III

EVALUASI DIRI

  1. Kesiswaan
  2. System Rekruitmen Calon Siswa Baru

Rekrutmen siswa Yayasan Kun Karima (Kober, TK dan SD Islam Insan Karima) dilakukan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) yang dibentuk setiap tahun melalui Surat Keputusan Ketua Yayasan. Kegiatan penerimaan mahasiswa baru diarahkan pada kegiatan pemasangan spanduk, penyebaran brosur, website dan Jejaring social, iklan layanan masyarakat di media eletronik (radio) dan pengiriman surat himbauan ke Dinas/Instansi-instansi pemerintah dan sekolah-sekolah TK dan RA, dan lain-lain.

Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan setiap awal tahun akademik dan dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Kelompok Bermain
  • Berusia 2-4 tahun
  • Membeli dan mengisi formulir pendaftaran di BMT Al Mumtaz
  • Setelah test dan interview, siswa melakukan daftar ulang dengan menyerahkan berkas
  1. Fotokopi AKta Kelahiran
  2. Fotokopi KTP orang tua
  3. Mengumpulkan pas foto 2×3, 3×4, 4×6 @ 3 lembar
  4. Taman Kanak-kanak
  • Berusia 4 tahun (kelompok A)
  • Berusian 5 tahun (kelompok B
  • Membeli dan mengisi formulir pendaftaran di BMT Al Mumtaz
  • Mengikuti tes masuk
  • Setelah tes masuk, siswa melakukan daftar ulang dengan menyerahkan berkas
  1. Fotokopi Akta kelahiran
  2. Fotokopi KTP orang tua
  3. Pas foto 2×3, 3×4, 4×6 @ 3 lembar
  4. Menyerahkan biada administrasi
  5. Sekolah Dasar Islam
  • Berusia +- 6.5 tahun
  • Membeli dan mengisi formulir pendaftaran
  • Tes masuk
  • Setelah mengikuti tes masuk siswaa melakukan daftar ulang dengan menyerahkan berkas sebagai berikut
  1. Fotokopi Akta kelahiran
  2. Fotokopi sertifikat TK / RA
  3. Fotokopi KTP Orang tua
  4. Pas foto ukuran 2×3, 3×4, 4×6 @ 4 lembar
  5. Menyerahkan biaya administrasi

 

Data Statistik Yayasan

Jumlah Siswa Tahun Ajaran 2014/2015

JENJANG JUMLAH SISWA
KOBER 28
TK 116
SD (kelas 1 dan kelas 2) 76
Total 220

 

 

Informasi Internet :

– Website : http://www.insankarima.sch.id

– Facebook : Kun Karima Foundation

– Twitter : @insan_karima

– Email : info@insankarima.sch.id

Iklan

Silakan Berkomentar dengan Facebook/Twitter/Wordpress/Google+

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: